Kenali Gejala Infeksi Bakteri Mycoplasma Pneumoniae & Pencegahannya

Akhir-akhir ini kasus infeksi bakteri Mycoplasma Penumoniae sedang merebak. Kementrian Kesehatan melaporkan terdapat 6 kasus infeksi akibat bakteri Mycoplasma Pneumonia di Indonesia. Lantas apa itu Mycoplasma Pneumoniae, bagaimana gejalanya dan cara pencegahannya.

Mengenal Mycoplasma Pneumoniae dan Cara Penularannya

Mycoplasma Pneumoniae adalah jenis bakteri yang sudah ada sejak lama, bahkan sebelum kasus Covid-19 merebak pada akhir 2019. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan. Mycoplasma Pneumoniae dapat menyebar dengan cepat melalui kontak dengan cairan pernapasan di tempat ramai.

Gejala Infeksi Mycoplasma Pneumoniae

Gejala yang dapat muncul akibat infeksi Mycoplasma pneumonia adalah flu dan batuk. Pada orang dewasa, gejala penyakit ini biasanya tidak begitu berat sehingga penderitanya masih mampu beraktivitas, tetapi gejala ini bisa juga berlangsung lama sehingga cukup mengganggu. Sebaliknya, pada anak-anak, infeksi Mycoplasma pneumonia berisiko lebih besar untuk menimbulkan gejala yang berat.
Melansir dari Alodokter berikut gejala infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh Mycoplasma pneumoniae:

  • Sakit tenggorokan
  • Lelah atau lemas
  • Demam ringan Batuk-batuk, dimulai dari batuk kering yang dapat berkembang menjadi batuk berdahak kuning kehijauan
  • Nyeri dada karena batuk yang sulit berhenti
  • Sakit kepala

Sementara itu, pada anak usia di bawah 5 tahun, penyakit infeksi Mycoplasma pneumoniae dapat menyebabkan sejumlah gejala berikut ini:

  • Pilek atau hidung tersumbat
  • Mata berair
  • Sakit tenggorokan
  • Bersin-bersin
  • Mengi atau bengek
  • Muntah-muntah
  • Diare

Cara Mencegah Infeksi Bakteri Mycoplasma Pneumoniae

 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.
 

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dapat membantu mencegah dari berbagai macam penyakit. Salah satu perilaku hidup bersih yang dapat dilakukan seperti rajin mencuci tangan minimal 20 detik.

Perilaku hidup sehat juga dapat dilakukan dengan rutin berolahraga. Pilihlah lingkungan yang dapat mendukungmu dalam menjalankan hidup sehat seperti memilih hunian di Ciputra International yang dilengkapi beragam fasilitas olahraga seperti gym, kolam renang dan tennis court yang dapat mendukungmu dalam menjalankan olahraga rutin.

Pastikan Ventilasi Rumah dalam Keadaan Baik dan Tercukupi untuk Sirkulasi Udara

Ventilasi yang baik dapat membantu sirkulasi udara yang optimal, menghindari penumpukan polutan udara, dan bahkan menjadi pertahanan alami melawan penyebaran virus. Sayangnya, masih banyak orang yang abai terhadap pentingnya ventilasi dan pencahayaan yang memadai di rumah mereka. Dalam beberapa kasus, apartemen dibangun dengan jarak antar tower yang terlalu berdekatan, sehingga ventilasi menjadi terhambat dan cahaya matahari sulit masuk ke dalam ruangan.

Berbeda dengan kebanyakan apartemen, Apartemen Ciputra International didesain dengan memastikan setiap tower mendapatkan sinar matahari yang cukup tanpa saling menutupi. Apartemen ini dilengkapi juga dengan lingkungan yang hijau menjadikan udara di area Ciputra International lebih segar dan bersih.

Melakukan Vaksinasi

Vaksinasi penting untuk mencegah infeksi bakteri Mycoplasma Pneumoniae. Vaksinasi dapat memperkuat sistem kekebalan dan dapat mengurangi tingkat keparahan infeksi. Melakukan vaksinasi merupakan langkah efektif dalam melawan dampak negatif infeksi Mycoplasma Pneumoniae.

1 thought on “Kenali Gejala Infeksi Bakteri Mycoplasma Pneumoniae & Pencegahannya”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *